Latest Post

Tentang Yamaha FreeGo Jadwal 16 Besar Thailand Open 2022 Hari Ini – 11 Wakil Indonesia Tanding, Perang Senior vs Junior

Investasi bodong atau investasi ilegal kini kembali marak dan mengincar banyak korban. Jika tak berhati hati, Kawan Puan bisa jadi salah satu korban incaran investasi bodong atau ilegal ini. Investasi bodong adalah praktik ilegal yang hanya akan merugikan korbannya.

Pelaku investasi bodong akan mengiming imingi keuntungan atau return besar dari dana yang diinvestasikan. Mereka berani mematok keuntungan pasti dengan angka yang besar dalam satu tahun atau per bulannya. Padahal, yang namanya investasi sangat fluktuatif nilainya, bisa naik dan turun.

Oleh karena itu, Kawan Puan harus berhati hati dengan investasi bodong yang sekarang ini marak. Melansir , catat tips menghindari investasi bodong yang belakangan ini kembali marak berikut ini. Sebaiknya berhati hatilah dengan investasi yang tidak dijelaskan terperinci terkait pengelolaan dananya, seperti aliran aset investasi hingga informasi lainnya.

Pasalnya, investasi yang memiliki legalitas jelas akan memberikan rincian kinerja investasi ke calon investor. Seperti jenis investasi, pengelolaan dananya, hingga laporan uang investasi setiap bulannya, sehingga lebih transparan. “Sebuah perusahaan investasi seharusnya memiliki laporan keuangan perusahaan yang rapi dan baik. Selain itu, investor pun harus bisa mengakses rekening dana nasabah dengan mudah. Jadi harus waspada dan teliti, ya, sebelum berinvestasi,” ujar Prita kepada , dikutip Senin (28/2/2022)..

Investasi yang aman dan terpercaya dapat ditandai dengan adanya izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebaliknya, praktik investasi bodong biasanya tidak memiliki payung hukum yang jelas dan tidak diawasi oleh lembaga resmi pemerintah. Maka dari itu, penting bagi Kawan Puan untuk melakukan riset mendalam sebelum berinvestasi, khususnya terkait perizinan produk investasi tersebut.

Untuk mengetahui izin instrumen investasi agar terhindar dari investasi bodong, kamu bisa memeriksanya di situs resmi OJK. Itulah beberapa tips menghindari investasi bodong yang penting untuk Kawan Puan ingat agar bisa tetap waspada dan terhindar dari praktik investasi bodong. Sebelum berinvestasi, juga penting bagi kamu untuk mencari tahu semua informasi yang berkaitan dengan instrumen investasi yang kamu pilih, ya.

Ciri utama dari investasi bodong yang patut kamu curigai agar tidak terjerumus ke dalamnya adalah adanya tawaran return tinggi. Umumnya tawaran ini berbarengan dengan modal investasi yang minim dan return atau keuntungan yang bisa didapat dalam waktu singkat. Perlu Kawan Puan ingat, dalam berinvestasi, semakin tinggi return yang didapat, maka semakin tinggi pula risikonya.

Artinya, untuk terhindar dari investasi bodong, kamu jangan sampai tergiur dengan iming iming imbal hasil tinggi, namun tanpa risiko atau risiko minim. Selain itu, kamu juga perlu melihat dan memastikan kembali apakah kinerja produk investasi tersebut telah sesuai dengan return yang ditawarkan. Sebab return bersifat fluktuatif atau naik turun, kamu patut curiga apabila investasi yang ditawarkan memiliki kinerja yang tidak jelas.

Menurut perencana keuangan dan CEO Zap Finance, Prita Hapsari Ghozie, hampir semua investasi bodong memang akan menawarkan imbal hasil besar yang tidak masuk akal. “Jadi harus waspada jika penawaran investasi melebihi risk free rate . Masa iya, ada investasi yang hasilnya pasti dan konsisten terus terusan, seperti misalnya (iming iming) 50 persen per tahun?” pungkasnya. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.