Latest Post

Ashefa Griya Pustaka: Rehabilitasi Pasien Narkoba Harus Melewati 2 Tahapan Kampus Terbaik Di Jakarta Yang Dapat Menjadi Pilihan Generasi Muda Milenial

]Ada banyak cara perawatan rambut rontok yang bisa dilakukan untuk membuat rambut terlihat lebih sehat, tebal, dan kuat. Pengobatan bisa dilakukan secara alami, berikut perawatan rambut rontok secara alami.

Bagaimana Perawatan Rambut Rontok Secara Alami?

1. Hindari terkena sinar matahari terlalu lama

Salah satu penyebab rambut rontok yang paling umum ialah paparan sinar matahari yang berkepanjangan. Pasalnya, sinar matahari bisa mengurangi keratin yang terdapat pada rambut. Hal inilah bisa membuat rambut jadi kekurangan protein dan rontok.

Oleh sebab itu, hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama. Jika harus keluar rumah, Anda bisa menggunakan topi atau payung untuk melindungi rambut Anda.

2. Makan makanan bergizi

Kekurangan nutrisi bisa menjadi penyebab rambut mudah rapuh juga rontok. Agar tumbuh kuat, indah, dan tidak mudah rontok, rambut membutuhkan berbagai nutrisi, seperti protein, zat besi, zinc, asam folat, vitamin A, vitamin E, vitamin D, biotin, dan antioksidan.

Nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan tertentu, seperti telur, ikan berlemak, seafood, daging, bayam, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan kedelai. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen sesuai anjuran dokter jika nutrisi dari makanan dirasa kurang.

3. Tata rambutmu dengan benar

Cara menata rambut yang tidak benar juga bisa menyebabkan rambut mudah rusak, patah, dan rontok. Misalnya, mengikat rambut terlalu kencang, menggunakan pengering rambut yang terlalu panas, meluruskan rambut, atau menggunakan bahan kimia untuk meluruskan atau hair rebonding, mengeriting, dan mewarnai rambut.

Untuk mencegah kerontokan rambut semakin parah, disarankan untuk menghindari produk penataan rambut yang menggunakan panas dan bahan kimia. Jika perlu, coba gunakan produk perawatan rambut, seperti sampo, conditioner, dan serum rambut, khusus untuk rambut rontok.

4. Mengelola stres

Stres merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kerontokan rambut. Saat Anda mengalami stres berat, hormon dalam tubuh akan mengalami perubahan. Perubahan hormon inilah yang menyebabkan kerontokan rambut. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengelola stres agar rambut Anda tidak rontok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *